BERTUALANG DAN MENIKMATI KULINER DI PANTAI AIR MANIS

English

Kota Padang, Sumatra Barat merupakan kota yang memiliki budaya kuliner yang dikenal dunia. Menjelajahi kuliner khas Sumatra Barat biasa menjadi tujuan utama wisatawan Kota Padang. Namun, selain menawarkan berbagai tempat untuk menikmati kuliner, Kota Padang juga memiliki pantai-pantai indah yang patut dikunjungi. Salah satu pantai yang dikenal berkat keindahan alamnya adalah Pantai Air Manis. Pantai Air Manis juga populer karena beragam aktivitas yang ditawarkan, seperti berselancar dan berkemah. Adanya sebuah legenda dalam budaya lokal yang melekat pada pantai ini menambah ketertarikan para wisatawan.

Daya tarik pertama pantai ini adalah pasirnya yang memiliki warna coklat keputihan yang terhampar di sepanjang pantai dan pemandangan laut yang menenangkan. Pemandangan ini sangat Instagramable sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai spot untuk mengabadikan momen.

Pengunjung bisa berjalan menyusuri pantai sambil bermain ombak. Ketenangan pantai diiiringi sepoi-sepoi angin dan gulungan ombak memberi suasana santai yang menyegarkan pikiran kembali. Apalagi kalau sambil menikmati sunset atau sunrise yang memukau.

Karena ombaknya yang konsisten, Pantai Air Manis juga digemari oleh para peselancar, bahkan di pantai ini pernah diadakan kompetisi berselancar (surfing). Sebelumnya, perlu diingat bahwa ombak yang yang cukup tinggi untuk berselancar ini menandakan bahwa perlu kehati-hatian ketika bermain-main ombak di pantai ini. Selancar dan peralatan terkait dapat dibeli atau disewa di sekitar pantai. Tersedia juga penyewaan perahu motor dan ATV bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi pantai lebih jauh atau menyeberang ke pulau-pulau kecil di sekitarnya. Aktivitas ini sangat cocok bagi pengunjung yang suka bertualang dan ingin melihat lebih banyak keindahan alam sekitar pantai.

Selain itu, pantai di Kota Padang ini juga menjadi lokasi yang digemari para pehobi camping. Pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan, seperti tempat parkir yang luas dan payung atap pantai.

Di sekitar pantai bahkan banyak warung makanan yang menyajikan beragam masakan lokal. Terdapat juga restoran yang menyediakan ikan bakar, nasi kapau, dan masakan lainnya, serta makanan-makanan ringan. Para wisatawan dapat menikmati kuliner lokal sambil menikmati pemandangan.

Hal lain yang membuat Pantai Air Manis cukup populer di kalangan wisatawan adalah adanya beberapa penginapan di sekitar pantai. Penginapan ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan tarif yang cukup terjangkau.

Menariknya lagi, Pantai Air Manis menyimpan cerita rakyat yang dikenal sebagai legenda Malin Kundang. Ada patung batu berbentuk orang yang sedang bersujud yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai Malin Kundang, anak laki-laki yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya karena durhaka. Menurut legendanya, konon ada seorang anak lelaki yang bekerja keras dan berhasil di perantauan, tetapi menjadi sombong dan tidak mengakui ibunya yang miskin saat kembali ke kampung halaman. Sang ibu yang sakit hati kemudian berdoa agar anaknya dikutuk menjadi batu. Patung batu Malin Kundang dan puing kapalnya bisa dilihat di pantai ini.

Meski batu Malin Kundang makin terkikis oleh ombak laut dan beberapa kali mengalami perbaikan, daya tarik legenda ini tetap kuat dan membuat wisatawan penasaran ingin melihat batu tersebut. Cerita yang sangat populer di kalangan masyarakat ini menambah nilai sejarah pantai ini.

Pulau-pulau di sekitar Pantai Air Manis juga menarik untuk dijelajahi. Tidak jauh dari pantai, terdapat Pulau Pisang Kecil, pulau kecil tak berpenghuni yang terkenal untuk ketenangan dan keindahan alamnya, serta pohon-pohon kelapa yang tinggi. Dari pantai, para pengunjung dapat berjalan kaki ke Pulau Pisang saat air laut sedang surut.

Pantai Air Manis berlokasi di Kecamatan Padang Selatan, tepatnya di kelurahan Air Manis, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat. Lokasinya berada kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota Padang, di belakang Gunung Padang. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir, ada berbagai jenis angkutan darat yang tersedia. Jalan menuju pantai ini dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bandara Ketaping (Wikipedia)

Jika berangkat dari Bandara Ketaping, pengunjung dapat menggunakan angkutan umum dengan rute menuju Pantai Air Manis, waktu tempuh sekitar 30 menit. Salah satu pilihan angkutan umum yang bisa digunakan adalah bus trans Padang yang melewati daerah Lubuk Buaya–Pasar Raya dan Jalan Raya Teluk Bayur. Setelah sampai di persimpangan Pantai Air Manis, perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkot atau ojek. Cukup mudah juga bagi pengguna kendaraan pribadi untuk mencapai pantai karena terdapat petunjuk arah di sepanjang jalan menuju Pantai Air Manis.

Jam operasional Pantai Air Manis adalah jam 09.00–17.00 setiap hari. Harga tiket masuk ke Pantai Air Manis adalah sekitar Rp10.000 per orang. Mobil pribadi juga dikenakan Rp10.000. Namun, sebaiknya cek lebih terdahulu tarif terbaru.

Dengan berbagai daya tarik serta kemudahan akomodasi dan akses, Pantai Air Manis merupakan tempat yang sangat layak untuk dimasukkan dalam daftar kunjungan saat berada di Kota Padang. Segeralah agendakan perjalanan Anda ke Pantai Air Manis dan dapatkan pengalaman berwisata yang tak terlupakan.

Ditulis bersama Vino Hadiz

Diedit oleh Liza Hadiz

Kunjungi Sage II Vacation Home di Sawahlunto
Kontak: gidien.ryaan@gmail.com | +6281296144491
Tentang blog: https://sage2vacationhome.wordpress.com/about/
Ikuti kami di Facebook: https://www.facebook.com/sagedua/
Asosiasi Homestay Sawahlunto: https://www.homestaysawahlunto.com/
Sumber:

CNN Indonesia (2024) Jelajah Jalur Sumatera 2024: Pantai Air Manis, Pesona Alam dan Legenda Malin Kundang yang Abadi. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240416174028-269-1086936/pantai-air-manis-pesona-alam-dan-legenda-malin-kundang-yang-abadi [19 Mei 2024].

Ratih Apriliana (2024) ‘PANTAI AIR MANIS Padang Tiket & Daya Tarik Mei 2024.’ TravelsPromo https://travelspromo.com/htm-wisata/pantai-air-manis-padang/ [19 Mei 2024].

Wikipedia (2023) Pantai Air Manis. https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Air_Manis [16 Mei 2024].

Tinggalkan komentar